01
Oct
07

Kriteria Keberhasilan Proyek Perangkat Lunak

Standish Group telah melakukan penelitian parameter keberhasilan proyek perangkat lunak dengan mengidentifikasi alasan-alasan yang menyebabkan kegagalan proyek perangkat lunak. Untuk keperluan tersebut, proyek PL diklasifikasikan ke dalam 3 tipe resolusi yaitu resolusi tipe 1 untuk proyek sukses, resolusi tipe 2 untuk proyek challenged dan resolusi tipe 3 untuk proyek yang rusak (gagal).

Proyek dikatakan sukses (success), bila proyek tersebut bisa diselesaikan tepat waktu, biaya tidak berubah dengan fitur dan fungsi seperti yang direncanakan semula. Sementara yang termasuk tipe proyek challenged bila proyek tersebut mampu diselesaikan, namun biaya operasionalnya melebihi perkiraan, waktu penyelesaiannya menjadi molor serta menawarkan fitur dan fungsi yang lebih sedikit dari yang direncanakan. Sedangkan proyek impaired, bila proyek tersebut dibatalkan karena ada beberapa hal yang terjadi selama masih dalam proses pengembangan.

Aspek yang paling penting dari penelitian yang dilakukan Standish Group adalah menemukan sebab-sebab mengapa proyek gagal. Untuk keperluan ini jajak pendapat dilakukan pada manajer eksekutif IT untuk ditanyai pendapatnya tentang mengapa proyek bisa sukses. Ada tiga alasan utama yang bisa menyebabkan proyek PL sukses, yaitu keterlibatan pengguna (user involvement), dukungan manajemen eksekutif (executive management support) dan pernyataan jelas dari kebutuhan (a clear statement of requirement). Memang ada beberapa kriteria yang lain, namun jika tiga elemen tersebut sudah pada tempatnya, maka kesempatan poyek akan sukses jauh lebih besar. Sebaliknya, bila hal tersebut tidak terpenuhi potensi gagal bisa meningkat tajam.

Tabel 1. Kriteria Proyek Suksesk10.JPG

Dalam jajak pendapat tersebut, responden juga diminta pendapatnya tentang faktor apa saja yang menyebabkan proyek challenged, hasilnya seperti terlihat dalam tabel 2.

                                  Tabel 2. Kriteria Proyek Challanged   

           k11.JPG

Hasil jajak pendapat tentang opini mengapa proyek menjadi rusak dan terancam dibatalkan, faktor terbesar dikarenakan daftar kebutuhan yang kurang lengkap serta terlalu sedikitnya keterlibatan pengguna.

                                      Tabel 3. Kriteria Proyek Impaired

         k12.JPG


0 Responses to “Kriteria Keberhasilan Proyek Perangkat Lunak”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: