01
Oct
07

Faktor-Faktor Yang saling Mempengaruhi Kesuksesan Proyek Perangkat Lunak

Interdependent Factors 

Dalam setiap proyek sistem perangkat lunak, terdapat  empat faktor yang saling berpengaruh satu sama lain, yaitu :           

§         Harga (Cost)

§         Kualitas (Quality)

§         Kecepatan (Speed)

§         Resiko (Risk).

Namun tidak mungkin mendapatkan hasil terbaik keempat faktor tersebut secara bersamaan. Terutama, tidak  akan bisa membangun sistem dengan biaya murah, berkualitas tinggi, diselesaikan secara cepat dengan sedikit atau bahkan tanpa resiko kegagalan sama sekali. Kebanyakan hanya tiga faktor pertama saja yang mungkin bisa direalisasikan,  yaitu membangun sistem berkualitas tinggi secara cepat, biaya yang relatif murah dengan jalan memotong bagian-bagian tertentu dan hanya melakukan sedikit atau bahkan tanpa pengujian (testing) sama sekali. Bagaimanapun juga, resiko kegagalan sistem tersebut akan meningkat secara dramatis.  

 Dalam setiap proyek, dari keempat faktor tersebut hanya dua saja yang mungkin berhasil, sedang dua sisanya harus diatur. Dari keempat faktor tersebut, dua yang paling penting adalah resiko dan kualitas. Sistem yang dibuat harus mampu bekerja dan memenuhi kebutuhan user.  Hal ini menyisakan kecepatan (waktu) dan biaya (uang) sehingga harus diatur menyesuaikan. Bila proyek menuntut waktu pengembangan yang cepat atau biaya rendah, maka kualitas dan resiko akan digeser menyesuaikan. Jika ada yang mengatakan bahwa dengan menggunakan produk X dan metodologi Y maka  sistem dapat dibangun cepat  dengan biaya murah, rasanya hal tersebut kurang realistis. Jika dipaksakan pada resiko rendah dan berkualitas tinggi, harus bisa menerima kenyataan bahwa waktu dan biaya harus diatur agar dapat mencapai maksud tersebut. 

Migrasi Data Dan Implementasi 

Dua faktor tambahan yang juga menentukan sukses atau gagalnya proyek adalah migrasi data dan implementasi proyek itu sendiri. Namun kenyataanya kedua faktor tersebut sering dilupakan. Migrasi data seharusnya direncanakan lebih awal pada setiap proyek. Ironisnya, migrasi data seringkali dianggap sebagai proyek terpisah. 

Meskipun telah berkeahlian baik, didokumentsikan dengan baik dan desain telah dibuat dengan teliti, sebuah sistem masih berpotensi gagal 10-20% (dari waktu), dikarenakan implentasi yang tidak bisa ditangani secara baik. Hal ini dapat disebabkan pelatihan user yang kurang memadai, lemahnya transisi dari sistem lama ke yang baru dan kurangnya dukungan user ke sistem baru.


0 Responses to “Faktor-Faktor Yang saling Mempengaruhi Kesuksesan Proyek Perangkat Lunak”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: