01
Oct
07

3 Kunci Sukses Proyek Perangkat Lunak

          Ada tiga faktor yang umumnya mempengaruhi keberhasilan sebuah proyek perangkat lunak (PL). Masing-masing merupakan faktor kunci yang membentuk sebuah tripod dari suatu proyek, sehingga ketiga kakinya harus berada dalam posisi yang benar agar tripod tersebut dapat berdiri kokoh. Kaki-kaki tersebut merupakan konotasi dari ketiga faktor kritis yang berperan dalam kesuksesan sebuah proyek  PL yaitu  top management support, a sound  methodology dan solid technical leadership.

Top Management Support

Dukungan manajemen puncak dianggap sebagai faktor sukses yang paling penting. Tanpa komitmen penuh dari menejemen puncak, ketika timbul masalah dalam proyek (musibah yang tidak bisa dielakkan) bisa menyebabkan kolaps. Personil manajemen dalam organisasi yang mengerjakan proyek sistem harus berada di barisan paling depan untuk mengatasi penyimpangan yang terjadi secara serius. Mereka perlu dipersiapkan untuk menemukan sebab-sebab yang tampak maupun yang tidak tampak dibalik kemunduran sebuah  proyek atau  yang sedang mengalami masalah. Manajemen puncak harus benar-benar berada dibelakang sebuah proyek dan begitupun bila akhirnya proyek tersebut menjadi sukses.

Ada perbedaan antara proyek sistem dengan gedung perkantoran. Ketika sebuah gedung baru dikerjakan separohnya, maka sudah ada sesuatu yang bisa dilihat. Sementara jika Proyek PL masih  setengah jadi, hanya  sedikit sekali (bahkan tidak ada sama sekali) yang bisa dilihat. Manajer perlu mengetahui apa yang dapat mereka harapkan dan kapan hal tersebut bisa terjadi. Mereka tidak bisa begitu saja berasumsi bahwa proyek yang telah berjalan 50% berarti  juga telah menghabiskan biaya  50%.

Seorang manajer seringkali  tidak memahami desain sebuah sistem, sehingga mereka jarang memberikan nasihat teknis. Manajer tersebut sebaiknya membawa auditor obyektif  agar manajemen bisa tahu bahwa mereka sedang tidak tertipu atau proyek tidak sedang mengalami mismanajemen. Bila mereka tidak memiliki kemampuan menilai situasi, solusinya cukup sederhana yaitu dengan memiliki technical audit yang bisa mensyahkan tindakan tim pengembangan dan memberikan informasi yang diperlukan untuk kelanjutan proyek.

Development Methodology

Banyak sistem yang dibangun dengan sedikit memikirkan proses. Segera setelah informasi yang diperoleh cukup memadai, pekerjaan coding langsung dimulai. Lambatnya perhatian pada proses sebenarnya bisa membunuh sistem itu sendiri. Kesalahan terbesar biasanya disebabkan adanya kebutuhan user yang diabaikan. Akibatnya sejumlah besar kode perlu ditulis ulang, karena tidak ditemukan dalam user requirement. Dampak lanjutan dari kesalahan tersebut, meskipun pada akhirnya proyek bisa selesai, namun sistem menjadi tidak efisien dengan testing yang tidak mencukupi pula. Dengan kata lain, tanpa memikirkan proses secara baik, sebuah proyek hanya memiliki sedikit kesempatan bisa diselesaikan dengan baik. Kalaupun bisa sukses, mungkin hanya menuliskan ulang bagian-bagian substansial dengan biaya yang membengkak.

Ini mungkin mengejutkan bila ada pendapat yang mengatakan bahwa metodologi tidak perlu diseleksi, tetapi kenyataannya hal tersebut bisa benar adanya. Apa yang terjadi bila ada beberapa metodologi? Tidak ada kajian jelas yang menggambarkan suatu metodologi lebih baik dari yang lain. Yang paling penting bahwa  proyek dikelola dengan cara-cara yang konsisten, fokus serta sejak awal telah berpikir lewat kerangka proses secara hati-hati.  

Technical Leadership

Bukan hanya bangunan saja yang membutuhkan arsitek, namun sistem informasi juga memerlukan pimpinan teknik. Agar sukses, arsitek ataupun pimpinan teknik harus berada dalam satu kendali arsitektur proyek yang sama, yang disebut model data atau desain aplikasi. Kendali level ini harus dikenali dan dimengerti oleh setiap orang yang terlibat dalam proyek. Sebaliknya, bila setiap bagian sistem dikonstruksi secara berbeda  maka potongan-potongan tersebut tidak akan cocok bila digabungkan di kemudian hari. 


0 Responses to “3 Kunci Sukses Proyek Perangkat Lunak”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: