08
Oct
07

Langkah-Langkah Perencanaan Proyek Menggunaka Project KickStart4

d.JPG

    1.  Name Your Project

Nama proyek. Setiap proyek memiliki nama. Untuk memulai perencanaan proyek, berilah nama yang singkat namun mewakili deskripsi proyek.

k1.JPG 

  

2. Type each phase in your project

Tulis setiap tahapan dalam proyek. Untuk memulai memikirkan sesuatu, pertimbangkan bagaimana proyek tersebut akan dirinci dalam aktifitas-aktifitas utama atau tahapan-tahapan. Tulis tahapan-tahapan tersebut baris demi baris atau klik tombol “Phases Library” dan tarik tahapan-tahapan tersebut pada daftar.

k2.JPG

        3.  Type your goals for the project

Tulis semua tujuan proyek . Tujuan adalah apa yang bisa diharapkan dari penyelesaian proyek tersebut. Bisa juga dengan cara  klik tombol “ Goals Library” dan tarik contoh-contoh tujuan ke dalam daftar. Klik tombol “Advisor” untuk mendapatkan tip-tip dalam tujuan pengembangan.

k3.JPG

 

 4.  Select any similar projects

Pilih  beberapa proyek yang mirip. Proyek kadang-kadang memiliki tugas yang bersifat umum. Hal ini merupakan kesempatan meminjam gugus tugas dari proyek-proyek terdahulu dalam membantu merencanakan proyek kita. Klik semua proyek yang mungkin berisi tugas-tugas yang berhubungan dengan persoalan proyek kita.  Untuk mencari proyek pada folder lain bisa klik tombol “Browse”.

k4.JPG

 

        5.  Type the name of the people working on your project

Ketik nama orang-orang yang bekerja dalam proyek. Buat daftar individual atau kelompok yang mungkin  bisa menyediakan sumber daya dalam proyek, termasuk diri kita sendiri. Daftar tersebut bisa disimpan dalam “People Library”. Harapannya, para pengguna bisa memanfaatkan kontak yang ada di “People Library  tersebut.

k5.JPG

 

           6.   List the obstacles in your project

Buat daftar hambatan-hambatan yang bisa terjadi dalam proyek.  Setiap proyek memiliki  hambatan-hambatan, namun hal tersebut bisa diatasi bila telah diantisipasi sebelumnya. Buatlah daftar hambatan-hambatan yang bisa muncul dalam proyek atau klik “Obstacles Library” dan tarik contoh-contoh hambatan ke dalam daftar yang dibuat.

k6.JPG

           7.   Assign tasks to people

Menetapkan tugas masing-masing orang yang terlibat dalam proyek. Klik pada “phase or task” di sebelah kiri. Kemudian klik pada masing-masing orang yang diinginkan mengerjakan tugas tersebut. “Ctrl-click” pada  beberapa tugas untuk menetapkannya sebagai sebuah group. Beri tanda cek pada tugas-tugas sebagai tanda bahwa tugas telah diberikan.

k7.JPG

           8.   Review and edit your Task List

Tinjau kembali dan edit daftar tugas tersebut bila perlu. Bisa menggunakan “icon” yang tersedia untuk mengurutkan tugas, membuat sub-tugas dan menambahkan catatan dan  lampiran.

k8.JPG

            9.   Adjust your project schedule in the Gantt chart 

Susun jadwal proyek dalam Gant chart. Untuk memudahkan penjadwalan, untuk proyek baru dibuka dengan “starter schedule” . Kita dapat mengubah tanggal pada bagian kiri. Atau rentangkan dan gerakkan “taskbars” pada sebelah kanan. Hasilnya akan bisa dilihat secara otomatis

   k9.JPG

About these ads

0 Responses to “Langkah-Langkah Perencanaan Proyek Menggunaka Project KickStart4”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: